Selasa, 06 Januari 2015

new Dribbling skill




Dribbling ..... Pada dasarnya permainanan sepak bola adalah usaha menguasai bola dan merebutnya kembali ketika telah dikuasai lawan. Untuk dapat bermain bola dengan baik, maka harus menguasai tek nik bermain sepak bola dengan baik pula. Teknik dasar bermain sepak bola adalah mkemampuan melakukan aktifitas dasar yang sama sekali tidak ada dalam permainan sepak bola. Mengenai Teknik Bermain Sepak Bola Dengan Baik Teknik tanpa bola, semua gerakan-gerakan dilakukan tanpa bola: Lari cepat mengubah arah. Melompat, meloncat. Gerak tipu dengan badan. Gerakan penjaga gawang. Teknik dengan bola, semua gerakan dengan bola, terdiri:

 Dribbling atau Menggiring bola bisa diartikan gerakan lari menggunakan kaki untuk mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Dribbling hanya dilakukan di saat yang menguntungkan saja, yakni ketika bebas dari lawan. Beberapakegunaanm menggiring bola (dribbling) antara lain: Untuk melewati lawan Untuk mencari kesempatan mengumpan bola dengan tepat kepada teman.  Untuk menahan bola agar tetap dalam penguasaan Untuk dapat menggiring bola dengan baik, harus bisa melakukan tendangan dengan baik pula. Atau dengan kata lain, seorang pemain bola tidak akan mmpu melakukan dribbing dengan baik apabila belum bisa menendang bola serta melakukan penguasaan bola dengan baik pula. Kelebihan serta Kekurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling) Kelebihan teknik dribbling menggunakan kaki bagian luar, bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan / sebaliknya. Adapun kelemahannya tidak bisa mengecoh lawan dari arah kanan bila menggunakan kaki kanan, dan sebaliknya. Kelebihan teknik dribbling menggunakan kaki bagian dalam dapat mengecoh lawan dari sisi kanan, bila menggunakan kaki kanan begitu juga sebaliknya.

 Adapun kelemahannya tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri jika menggunakan kaki kanan. Kelebihan teknik dribbling menggunakan punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan lurus apabila tak ada lawan yang menghalangi. Adapun kelemahannya kurang efektif untuk mengecoh lawan sebelah kiri atau kanan. Teknik Bermain Sepak Bola Dengan Baik Antara Passing, Dribbling, dan Running Karakteristik passing: waktu tempuh yang lebih cepat, perpindahan bola tak selalu diikuti perpindahan pemain, serta konfigurasi posisi para pemain di lapangan akan relatif terjaga, lebih hemat tenaga. Adapun karakteristik dribbling: waktu tempuh yang lebih lambat, ketika terjadi perpindahan bola maka pemainnya sekaligus pindah, serta terjadi overlap atau switch posisi pemain, semakin boros tenaga. Kapan passing dan kapan dribbling? Pertama: lebih utamakan passing. Dribbling hanya dilakukan jika tidak mungkin melakukan passing, yakni saat belum ada teman yang tepat diberi umpan. Kedua: silakan lakukan dribbling, namun jika bola terancam terebut maka umpankan bola kepada teman.

 Ketiga: lakukan dribbling untuk menarik pergerakan lawan ke arah Anda dan pada saat yang sama menciptakan ruang peluang yang bagus untuk teman Anda. Keempat: untuk striker: jika satu-satunya peluang passing offside maka giring saja bolanya. jika dribbling lebih prospektif mencetak gol daripada mengumpankan bola, maka dribbling lebih baik.  Pemain belakang jangan banyak giring. Akan berbahaya bila pemain belakang bermain-main di daerah pertahanannya. Alirkan terus bolanya! Meski tim tidak sedang di-press, tim Anda harus terus memainkan bola kaki ke kaki agar: mencari-cari celah yang bisa dimasuki untuk melakukan penyerangan. menghargai setiap detik yang berjalan dalam waktu 2 x 45 menit. Pergerakan tanpa bola (running). Para pemain terus bergerak agar selalu ada yang siap diberi umpan dalam jarak passing. Ciptakan formasi segitiga passing ketika tim Anda menguasai bola. Lakukan pergerakan dalam rangka menciptakan ruang bagi teman Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar